Skip to content
Home » Blog » Jadwal Pengusulan Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) Hingga Akhir Juni 2022

Jadwal Pengusulan Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) Hingga Akhir Juni 2022

  • by

Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) merupakan salah satu bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan kepada Perguruan Tinggi dengan tujuan untuk mendorong kegiatan belajar mahasiswa di tiga semester awal. Sesuai dengan kebijakan kampus merdeka, mahasiswa dibebaskan untuk mengambil sks diluar program studi dan mengikuti pembelajaran didalam atau diluar perguruan tinggi. Untuk menjangkau sumber belajar yang bermutu melalui kebebasan tersebut, Perguruan Tinggi perlu memanfaatkan teknologi digital lebih aktif guna mendorong kebijakan pembelajaran.

Aktualisasi tersebut didukung dengan kegiatan Program Bantuan Daring Kolaboratif (PDK) yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan di tahun 2022 untuk bersama-sama membangun partisipasi dari Perguruan Tinggu dalam membentuk pembelajaran daring kolaboratif. Adapun beberapa syarat untuk mengikuti Program Bantuan PDK diantaranya adalah:

  1. Perguruan Tinggi pengusul proposal adalah perguruan tinggi yang berbentuk Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  2. Program studi terakreditasi B/Baik Sekali atau C/Baik, dan pada Perguruan Tinggi yang memiliki akreditasi AIPT maksimal B/Baik Sekali;
  3. Proposal diajukan oleh perguruan tinggi dengan surat pengantar dari pimpinan pergurua n tinggi;
  4. Perguruan Tinggi wajib menyediakan dana pendamping;
  5. Program Studi pengusul diwajibkan mempunyai mitra kerjasama pelaksanaan PDK bersama program studi dari PT lain, diutamakan yang wilayah 3T dan/atau Indonesia Timur;
  6. Perguruan tinggi hanya dapat mengusulkan 1 proposal dari program studi yang dimandatkan; dan
  7. Program studi yang diusulkan belum pernah menerima bantuan dana Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh pada tahun sebelumnya.

Bentuk patisipasi dari Perguruan Tinggi dapat disesuaikan syarat dan ketentuan, serta mengirimkan 1 (satu) file Proposal dalam bentuk PDF paling lambat diterima tanggal 30 Juni 2022 Pukul 17.00 WIB dengan format penamaan file: “NamaPerguruanTinggi_NamaKetuaPelaksanaProgram_PDK_2022”.

Dokumen tersebut diunggah pada laman SPADA Indonesia http://spada.kemdikbud.go.id.

Untuk penulisan proposal disesuaikan dengan ketentuan lainnya yang merujuk pada Panduan Program Bantuan PDK Tahun 2022 yang dapat diunduh di laman https://dikti.kemdikbud.go.id/ dan https://spada.kemdikbud.go.id. Diharapkan Program Bantuan PDK Tahun 2022 mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di Perguruan Tinggi Indonesia ditengah teknologi digital saat ini dan mampu mendorong proses belajar yang lebih aktif.

Sumber: Spada Kemendikbud

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *